By Administrator PAUD BAITURROHMAN
Guru-guru taman kanak-kanak (TK) selain harus memiliki modal kerja
untuk mendidik murid, juga idealnya memenuhi kriteria tertentu. Soal
perlunya modal kerja ini, silakan pembaca memeriksa artikel lain dalam
laman ini juga berjudul Modal Kerja Guru Taman-kanak. Berikut kriteria ideal guru TK yang saya coba adaptasikan dari buku Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak, karya Agus F. Tangyong dkk., terbitan Gramedia, 1988.
Guru TK yang paling ideal adalah seorang profesional yang terdidik
dan terlatih baik, serta memiliki pengalaman yang kaya di bidangnya.
Pengertian terdidik adalah mereka yang memiliki bekal pendidikan formal.
Idealnya, guru TK minimal berpendidikan strata 1 dalam bidang apa pun.
Namun tak berarti mereka yang berpendidikan setingkat SMP atau SMA tak
dibolehkan mengajar murid TK, karena pada dasarnya yang dibutuhkan
adalah kemampuannya yang setingkat sarjana Strata 1, bukan ijazahnya.
Memang faktanya sebagian besar guru pendidikan anak usia dini,
termasuk di dalamnya guru TK, belum sarjana. Berdasarkan data yang
diungkapkan Direktur Pembinaan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak
Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud Ella Yulaelawati seperti
dikutip laman beritasatu.com, jumlah tenaga kependidikan PAUD saat ini
sebanyak 588.475.
Dari jumlah itu, sebanyak 22.972 berlatar belakang pendidikan SMP dan
289.762 SMA. Kemudian, lulusan diploma sebanyak 75.678 dan S1 sebanyak
196.181 orang. Selanjutnya, guru dan tenaga kependidikan lulusan S2
terdapat 3.882 orang.
Kriteria lain, terlatih dengan baik. Guru TK haruslah seorang yang
menguasai tehnik mendidik, memiliki pengetahuan tentang cara-cara
mendidik, maupun membuat rancangan kegiatan (mingguan dan harian) dan
mampu mengorganisasikan kelas. Ia juga mengetahui cara menghadapi
berbagai macam permasalahan anak, mulai dari perkelahian antar anak
sampai dengan menggiatkan kelompok belajar.
Guru-guru TK niscaya membutuhkan pelatihan-pelatihan untuk mampu
mendidik anak-anak usia TK. Pelatihan-pelatihan ini menyangkut
penguasaan kurikulum, pengetahuan tentang kompetensi dasar yang mesti
dibekalkan ke anak didik, metode-metode yang dibutuhkan untuk mencapai
tujuan kurikulum, dan lain-lain. Pelatihan yang paling dibutuhkan tentu
saja materi bermain sebagai metode untuk penanaman nilai-nilai yang
diharapkan disemaikan dalam jiwa anak-anak TK.
Kriteria lain, pengalaman yang kaya di bidangnya. Mereka yang sudah
lama menjadi guru TK pasti akan lebih lihai dalam menghadapi murid-murid
yang masih berusia dini ini, dibanding para guru pemula. Bagaimana cara
menangani anak yang pemberontak, perengek, pengganggu dan lain-lain?
Pengalaman yang panjang karena itu diharapkan meningkatkan kompetensi
guru TK untuk menjalankan tugasnya.
Kriteria lain, kecintaan yang tulus pada anak, berminat pada
perkembangan anak, bersedia mengembangkan potensi yang dimiliki anak,
hangat dalam bersikap dan bersedia bermain dengan anak. Kata kuncinya di
sini: mencintai anak. Jika rasa cinta pada anak-anak sudah muncul di
dalam hatinya, maka sikap-sikap berikutnya akan mengikut, seperti
memperhatikan, memedulikan, bersimpati, berempati, sikap hangat, dan
seterusnya.
Guru TK adalah guru yang konsisten sekaligus luwes dan lincah dalam menghadapi kebutuhan, minat dan kemampuan anak.
Kriteria guru yang ideal belum tentu dapat dipenuhi oleh seorang guru TK, namun yang penting adalah usaha ke arah itu. *
Nugroho, aktifis pendidikan
Thursday, March 30, 2017
Home » » Kriteria Ideal Guru PAUD dan Taman Kanak Kanak
Kriteria Ideal Guru PAUD dan Taman Kanak Kanak
pospaudbaiturrohman | Thursday, March 30, 2017
Artikelnya sangat bermanfaat.. makasih admin.. semoga sukses...
ReplyDeleteKriteria ideal guru paud adalah keteladanan dan sayang dunia anak. Dan selalu mau belajar.
ReplyDelete